Pallet Plastik: Manfaat, Jenis, Kelebihan, Hingga Bahannya

Pallet plastik adalah salah satu alat bantu untuk menopang sebagian benda, andaikan lemari, besi, atau benda lainya. Biasanya pallet yang terbuat berasal dari plastik dimanfaatkan untuk menghindar benda-benda logistik agar kala diletakan akan mudah untuk di angkat nantinya dan tidak kotor.

Pada awalnya palet banyak terbuat berasal dari kayu karena kayu pada waktu itu masih berlimpah. Namun bersamaan berkembangnya jaman, ada sebagian material lain yang digunakan untuk memicu pallet. Material plastik menjadi pilihan utama karena material ini miliki banyak keistimewaan berasal dari material lain.

Plastik dipilih sebagai material pallet karena sifatnya yang ringan. Di sisi lain, meskipun ringan, pallet berasal dari plastik miliki tingkat kekuatan yang terbilang tinggi. Karena itu, banyak barang-barang logistik gunakan pallet ini sebagai tumpuan agar tidak mengenai tanah secara langsung. Ini juga untuk hindari benda menjadi kotor.

Manfaat Penggunaan Pallet Berbahan Plastik

Sebenarnya fungsi pallet plastik dengan pallet kayu adalah sama, yaitu sebagai tumpuan barang. Biasanya pallet miliki sebagian kaki untuk tumpuan dan berbentuk persegi untuk memudahkan penataan barang. Pallet sendiri dapat dikatakan sebagai sekat antar barang karena berfaedah sebagai tumpuan.

Pada bidang pergudangan maupun kargo, pallet terlampau berfaedah bagi banyak pihak. Dengan ada pallet maka barang logistik tidak akan menyentuh tanah secara langsung. Selain itu hal ini juga memudahkan kala barang hendak di angkat. Palet juga memelihara anggota bawah barang berasal dari kotoran kala diletakan.

Jenis Pallet Berbahan Plastik

Pallet sendiri ada banyak jenisnya, kebanyakan dibedakan berasal dari material pembuatannya, andaikan kayu maupun pallet plastik. Pallet berasal dari material plastik andaikan masih dibagi ulang didalam sebagian jenis. Setidaknya ada sebagian model berasal dari pallet ini, Type One Way Series, Medium Duty Series, Heavy Duty Series, dan Hygiene Series.

  • Pallet Type One Way kebanyakan banyak digunakan pada urusan kargo. Ciri-ciri pallet satu ini kebanyakan miliki warna hitam serta digunakan pada industri elektronik, makanan, ataupun yang lain. Pallet ini dapat didaur ulang agar lebih ekonomis.
  • Pallet Type Medium Duty kebanyakan lebih sering digunakan didalam gudang. Memiliki beberapa ciri warna abu-abu atau kuning. Selain itu pallet ini juga miliki alas anti slip agar aman untuk tumpuan benda-benda elektronik. Pallet ini juga dapat di daur ulang.
  • Pallet Type Heavy Duty lebih sering digunakan untuk tumpuan benda-benda berat. Karena itu, pallet ini terlampau sesuai untuk kegiatan racking gudang dan menjadi tumpuan benda-benda elektronik, kimia, sampai distribusi petrokimia. Pallet ini juga mudah di cuci.
  • Pallet Type Hygiene atau Light Series miliki semua keistimewaan berasal dari model pallet plastik lain. Karena itulah pallet ini terlampau sesuai pada industri yang gunakan Hazard Analysis plus Critical serta salah satu alat bantu manufaktur yang baik dan praktis.

Kelebihan dan Bahan Pallet

Karena terbuat berasal dari plastik, pallet ini pasti tidak akan mengalami korosi seperti pada pallet besi. Di sisi lain pallet yang terbuat berasal dari plastik akan terhindar berasal dari rayap seperti pada pallet kayu. Meskipun pallet ini ringan, tapi miliki tingkat kekokohan yang tinggi.

Pallet ini terbuat berasal dari plastik HDPE (High Density Polyethylene) yang juga merupakan material berasal dari pembuatan pipa paralon. Plastik HDPE miliki karakteristik yang kuat dan amat. Plastik ini juga aman bagi lingkungan karena mudah di daur ulang.


Pallet Plastik

2 Blog posts

Comments